Selasa, 11 Februari 2014

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Gusi Berdarah

Gusi bengkak dan gusi berdarah merupakan salah satu masalah di mulut yang dapat menyebabkan sakit gigi. Sebenarnya masih ada satu lagi pemicu sakit gigi, yaitu gigi berlubang. Namun disini kita akan fokus membahas masalah radang gusi dan perdarahan pada gusi.

Radang gusi biasanya disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi. Plak sendiri merupakan lapisan tipis yang mengandung bakteri dan sisa-sisa makanan. Biasanya plak itu berwarna putih atau kekuningan. Jika hal ini tidak segera diobati, maka akan semakin meluas dan menjadi pendarahan yang dikenal sebagai gusi berdarah.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mencegah dan mengatasi gangguan gusi bengkak dan gusi berdarah ini. Dan berikut ini cara alami untuk mengatasi keduanya:

Cara Mengobati Gusi Bengkak


Daun urang-aring

Daun urang-aring yang segar dipanggang sampai kering, dijadikan bubuk (dengan pengolahan). Oleskan bubuk tersebut ke tempat yang sakit.

Daun sisik naga

Cuci daun sisik naga secukupnya sampai bersih, lalu kunyah. Biarkan kunyahan tersebut cukup lama di bagian gusi yang meradang. Selanjutnya, buang ampasnya. Lakukan 3-4 kali sehari, sampai sembuh.

Bunga delima

Cuci bunga delima (tujuh kuntum) dengan air bersih, lalu rebus dengan segelas air bersih sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk kumur-kumur.

Cara Mengobati Gusi Berdarah


Tomat

Cuci buah tomat yang sudah masak, lalu makan mentah. Lakukan sehari dua kali, selama kurang lebih satu bulan.

Daun landep

Daun landep segar dicuci lalu digiling halus. Air perasannya ditambahkan sedikit madu. Gunakan untuk memoles gusi yang sakit.

Daun sirih

Bahan: 4 lembar daun sirih.
Cara membuat: direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih
Cara menggunakan : setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang secara teratur sampai sembuh.

Oke, itu dia beberapa cara mengobati gusi bengkak dan gusi berdarah. Baca juga, artikel lainnya seperti cara mengobati sariawan dan cara mengatasi bau mulut secara alami.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Gusi Berdarah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown