Kamis, 29 Mei 2014

Cara Mengatasi Mata Lelah

Tidak hanya badan saja yang bisa kelelahan, semua anggota badan juga bisa mengalami kelelahan tidak terkecuali juga dengan mata. Mata juga bisa mengalami lelah. Banyak hal yang bisa menyebabkan mata lelah, seperti membaca, bekerja didepan layar monitor ataupun gaya hidup stress. Mata yang lelah biasanya ditandai dengan adanya bengkak di kelopak mata. Selain itu kelopak mata dan kepala juga terasa berat saat beraktivitas, rasanya ingin sekali tidur.

Mata Lelah

Mata lelah diduga juga merupakan salah satu penyebab dari gangguan mata yang lainnya. Seperti mata minus ataupun mata plus. Jika sudah begitu maka anda harus mengenakan kaca mata guna membantu aktivitas anda. Nah jika anda sedang mangalami mata lelah, maka ada baiknya jika anda simak beberapa tips dibawah ini.

Cara Mengobati Mata Lelah

Meskipun mata lelah ini bukanlah sebuah masalah yang kronis, namun jika dibiarkan juga akan semakin bahaya juga. Untuk itu selagi masih kecil maka atasi kelelahan mata ini dengan segera agar tidak menimbulkan masalah lain yang lebih parah. Berikut ini adalah tips untuk mengobati masalah kelelahan mata anda.

Mengompres mata
Mengompres mata dapat membuat mata anda menjadi nyaman dan juga fresh kembali serta nyaman. Dengan begitu maka kelelahan mata anda akan hilang. Untuk cara mengopres mata ini caranya cukuplah mudah. Anda hanya perlu menyediakan kain tebal yang teksturnya lembut. Lalu celupkan pada air dingin dan pejamkan mata anda, lalu tempelkan pada mata anda yang kelelahan. Diamkan selama beberapa menit, jika dirasa masih kelalahan juga. Ulangi hal tersebut selama beberapa kali.

Membasuh mata
Mata juga perlu untuk disegarkan, salah satu caranya adalah dengan memercikan air dingin pada mata anda. Caranya adalah dengan membuka mata anda, percikan mata anda lalu berkediplah. Mungkin pada saat pertama air mengenai mata anda akan terasa sakit dan pedas. Tapi itu akan segera berkurang dan kesegaran pada mata anda akan didapatkan kembali. Untuk orang Islam sendiri, cara ini sudah biasa dilakukan minimal 5 kali dalam sehari, yaitu saat muslim berwudhu ketika hendak salat.

Menggunakan sendok dingin
Jika anda baru nyimak dan belum baca penjelasannya pasti anda akan merasa jika tips ini berbahaya. Jika anda berpikir seperti itu maka pikiran anda itu 180 derajat salah, karena nyatanya disini tidak membahayakan sama sekali bagi mata anda, kecuali jika anda menyalahgunakannya. Jadi begini caranya, ambilah sendok, satu atau dua, lalu masukan kedalam frezzer atau lemari pendingin. Tunggu sampai beberapa menit, sampi sendok tersebut dingin. Jika sudah dingin ambil dan tempelkan pada mata anda lalu diamkan beberapa saat.

Menggunakan irisan buah
Irisan buah disini bukan berarti segala buah dapat digunakan dalam tips ini. Irisan buah yang saya maksud disini adalah irisan buah mentimun, kentang atau strawberry. Caranya mudah sekali, anda hanya perlu mengiris mentimun, kentang atau strawberry lalu meletakkannya pada mata anda selama 15-20 menit. Anda juga bisa menyimpan irisan mentimun, kentang atau strawberry tadi di lemari es terlebih dahulu agar lebih fresh di mata.

Berkedip
Berkedip merupakan salah satu hal sederhna yang sangat mudah dilakukan namun bermanfaat bagi kesehatan mata anda. Dengan berkedip, maka mata akan mengolesi bola mata dengan cairan yang dapat membuatnya fresh kembali.

Kantong teh
Kantong teh disini yang akan digunakan adalah kantong teh bekas seduh yang masih bersih. Caranya ambilah 2 kantong teh seduh yang masih bersih dan yang sudah dingin lalu tempatkan pada kedua mata anda. Buatlah serileks mungkin.

Atur jarak mata dan kondisi ruangan
Jika anda sedang membaca Koran atau sedang mengerjakan sesuatu didepan komputer maka satu hal yang dapat anda gunakan untuk meminimalisir kelelahan mata adalah dengan mengatur jarak bacanya. Jarak baca yang terlalu dekat dapat membuat mata anda menjadi cepat lelah. Selain itu atur juga suhu ruangan anda, suhu ruangan yang terlalu dingin dapat membuat mata anda menjadi cepat kering.

Itulah beberapa cara mengatasi mata yang lelah secara alami dan mudah. Lakukan tips diatas dengan benar, terutama pada tips menggunakan sendok untuk menyegarkan kembali mata.

Cara Mengatasi Mata Lelah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown